Gua Terindah di Dunia

Pembentukan Gua dimulai ketika hujan asam diserap oleh tanah. Hujan asam terdiri dari air hujan yang tercampur dengan karbon dioksida. Seperti hujan biasa, hujan asam ini merembes melalui tanah, dan kontak dengan batuan padat. Jika batu terbuat dari batu kapur atau dolomit, air akan bereaksi secara kimia sampai batu ini perlahan-lahan larut dan ruang berongga terbentuk. Sebagian ruang menjadi lebih besar dan aliran air akan melewatinya dan berkumpul menjadi satu dan menjadi sungai bawah tanah. Erosi dan pelapukan juga yang membantu dalam pembentukan gua. Setelah ribuan tahun, ruang kosong sudah cukup besar. Dan setelah jutaan tahun, ruang dan kolom  formasi stalaktit dan stalagmit menjadi sistem gua yang menakjubkan.

10 Gua Blue Grotto (Capri, Italia)
Blue Grotto merupakan lambang pulau Capri di Italia. Ini adalah sebuah gua laut yang ditemukan di pantai pulau dan terkenal untuk semua wisatawan yang mengunjungi Capri. Gua ini begitu unik karena memiliki cahaya biru dan zamrud brilian. Cahaya spektakuler ini berasal dari dua sumber. Salah satunya adalah jalan masuk ke gua yang merupakan lubang kecil di mana hanya satu baris perahu bisa masuk pada suatu waktu. Dan yang lainnya adalah lubang besar di bawah jalan masuk yang terendam di dalam air. Pintu masuk bila dilihat dari bagian dalam gua muncul sebagai cahaya putih cemerlang tepat di atas garis air. Lubang kedua dari bawah air yang merupakan sumber cahaya yang lebih besar memberikan cahaya biru.

9 Gua Kristal (Chihuahua, Meksiko)
Penambang menemukan gua pedang pertama pada tahun 1910 yang terletak tepat di atas gua kristal raksasa. Di sini, di gua kristal pedang yang jauh lebih kecil (hanya sekitar 1 meter ) dan suhunya lebih dingin. Itu mungkin alasan mengapa kristal di sini berhenti tumbuh. Gua kristal raksasa di sisi lain ditemukan pada tahun 2000. Lantainya ditutupi dengan sempurna dari segi blok kristal. Dan gua ini berisi kristal Selenite alam terbesar yang pernah ditemukan. kristal terbesar yang ditemukan memiliki panjang 12 meter dan lebar 4 meter dengan suhu normal adalah 50-58 derajat Celcius dengan kelembaban 90-99%.  Kristal terbentuk karena ada dapur magma di bawah lantai gua. Magma memanaskan air tanah dan berbagai mineral termasuk jumlah besar gipsum. Ruang berongga di gua menjadi penuh dengan gipsum jenuh dan dengan waktu 500.000 tahun air tanah tetap pada 50 derajat Celcius yang memungkinkan kristal terbentuk dan tumbuh berukuran raksasa.

8 Krubera Cave (Abkhazia, Georgia)
Gua Krubera tercatat sebagai gua terdalam di Bumi yang ditemukan Tahun 1960 dengan kedalaman lebih dari 2000 meter. Krubera juga dikenal sebagai gua Voronja yang berarti "gua gagak" dalam bahasa Rusia. Nama ini digunakan pada tahun 1980 oleh speleologists karena sejumlah gagak bersarang di pintu masuk gua. Nama asli Krubera diberikan oleh speleologists Rusia Alexander Kruber, seorang ahli geografi Rusia.

7 Gua Fingal (Staffa, Skotlandia)
Fingal adalah gua laut yang terletak di pulau tak berpenghuni Staffa di Skotlandia. Hal ini terbentuk sepenuhnya dari kolom basal yang hexagonally disambung dalam aliran lava Paleocene. Ukuran gua dan atap alami melengkung ditambah suara menakutkan yang dibuat oleh gelombang di atas atap gua sangat cocok untuk suasana katedral. Nama itu berasal dari pahlawan buku James Macpherson Fingal yang berarti "orang asing putih".

6 Eisriesenwelt Ice Cave (Austria)
Eisriesenwelt berarti Dunia raksasa es di Jerman dan terletak di Werfen, Austria. Ini adalah batu kapur es gua alam dan merupakan yang terbesar dari jenisnya di dunia sepanjang 42 kilometer. Wisatawan yang mendatangi tempat ini mencapai 200, 000 setiap tahun. Meskipun gua berukuran 42 kilometer panjangnya, hanya kilometer pertama gua ini tertutup es dan terbuka untuk wisatawan. Sebagian besar bagian adalah batu kapur biasa.

5 Puerto Princesa Underground River, Palawan Filipina
Puerto Princesa Subterranean / sungai bawah tanah terletak di Palawan, Filipina. Ini adalah salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Terbaru dan adalah sebuah situs warisan dunia UNESCO. Pintu masuk ke gua ini hanya beberapa kilo dari kota terdekat.

Pada tahun 2010, sekelompok aktivis lingkungan dan ahli geologi menemukan bahwa sungai bawah tanah memiliki 2 lantai dan ada banyak air terjun kecil di dalam gua. Ada juga gua kubah 300 meter di atas sungai bawah tanah di mana orang dapat melihat formasi batuan yang luar biasa, kelelawar besar, lubang air yang dalam di sungai, saluran sungai, gua dalam dan juga ragam spesies makhluk laut.

Gua dapat dijelajahi dengan perahu hingga 4 km. Bagian yang lebih dalam dari gua mustahil dieksplorasi karena kurangnya kadar oksigen. Ada juga beberapa ruang besar yang ditemukan di dalam gua termasuk 360 meter ruang yang merupakan salah satu kamar gua yang terbesar di dunia.

4 Mammoth Cave National Park (Kentucky, AS)
Gua Taman Nasional Mammoth adalah sistem gua terpanjang di dunia mencakup 52 830 hektar. National Park menawarkan beberapa tur gua untuk wisatawan dan pengunjung. Banyak fitur utama gua termasuk Grand Avenue, Frozen Niagara, dan Misery Fat Man yang terkenal. Atraksi ini terlihat pada tur berlampu yang dapat mencapai hingga 6 jam panjangnya. Wisata sungai gema yang dulunya merupakan daya tarik wisata yang paling terkenal bagi pengunjung tidak lagi terbuka untuk umum untuk beberapa alasan.

3 Skocjan Cave (Slovenia)
Skocjan Cave adalah salah satu fenomena bawah tanah yang paling signifikan baik di wilayah karst dan Slovenia. Hal ini tercantum sebagai salah satu situs yang dilindungi UNESCO World Heritage untuk kepentingan yang luar biasa. Gua ini juga peringkat di antara gua-gua yang paling penting di dunia. Kalangan ilmiah internasional juga menganggap itu sebagai harta karun terpendam di planet ini.

2 Carlsbad Caverns National Park (New Mexico, Amerika Serikat)
Carlsbad Caverns National Park gua di atas batu kapur di atas permukaan tanah. Ini adalah salah satu gua yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat mencapai 41 juta pengunjung pada tahun 2011. Hal ini terbuka sepanjang tahun kecuali untuk hari Natal dan pengunjung memiliki pilihan untuk mendaki jalan mereka sampai ke pintu masuk gua atau menggunakan lift pengunjung. Gua ini termasuk Big Room yang merupakan ruang chamber besar terbuat dari batu kapur alam dan sekitar 4000 kaki panjang 625 kaki lebar dan 255 ft tinggi pada titik tertinggi sehingga ruang ruang terbesar ketiga di Amerika Utara dan ketujuh terbesar di dunia.

1 Waitomo Cave Glowworms (Selandia Baru)
Dan nomor satu milik Waitomo Glowworms Gua di Selandia Baru! Gua ini merupakan daya tarik wisata utama dan populer di seluruh dunia. Glowworms "Arachna luminosa" hanya ditemukan di Selandia Baru dan mereka berkembang hanya dalam gua ini. Mereka hanya ukuran nyamuk normal. Dan jutaan dari mereka berlimpah dalam gua. Mereka diawasi secara ketat oleh staf ahli dari kelompok penasehat ilmiah yang menggunakan peralatan otomatis untuk memantau gua jarak jauh, termasuk suhu, jumlah karbon dioksida (yang diperlukan untuk mempertahankan glowworms) dan jumlah pengunjung yang bisa masuk setiap hari.

Posting Komentar